Jumat, 20 Juli 2012

3X Kedip oren 1X kedip hijau apa tandanya?

Canon memang rada rewel... rada cerewet... dan katanya ringkih, terbukti printer ane udah tujuh masuk tong sampah.... and then ada juga si yang nyaranin ane buat pake epson aja,,, katanya lebih awet, lebih bagus untuk ngeprint poto... tapi yah namanya orang kalau udah cinta nggak bisa berpindah, seperti hp... orang kebanyakan lebih percaya pada nokiakan yang populer duluan... sama halnya dengan canon, canon udah populer... tapi hasilnya ringkih banget tuh doi... ternyata blink lampu power nya itu bisa menandakan kerusakan...

oke sekarang kita kenalin dulu blink-blink printernya ya *hust, yang TKJ diem aje ya... ini lagi nunjukin untuk anak di luar TKJ* *hehehe*

Beberapa Indikatornya nih sob, sog mare baca::

  • 7kali hijau-orange berkedip bergantian, atau 1x hijau, 1x orange,1x hijau, 1x orange, 1x hijau dst.
    Artinya: Waste Ink Pad Full / Ink Absorber Full.
    Solusi: Anda perlu membersihkan/mengganti busa penyerap tinta di bagian bawah printer. Kemudian Printer anda perlu direset dengan software khusus. Untuk Pixma seri IP2700 Anda dapat menemukan panduan lengkapnya dalam posting saya yang berjudul Inilah Cara Mereset Printer Canon Seri IP2700.
  • 3x orange 1x hijau.
    Artinya: Ada kerusakan di mekanik printer.
    Solusi: Dalam kasus ini sebaiknya Anda membawa printer Anda ke service center.
  • 4x orange 1x hijau.
    Artinya: Printer absorber full (Waste Ink Pad Full).
    Solusi: Printer anda perlu di reset dengan software seperti di atas.
  • 5x orange 1x hijau
    Artinya: Cartridge warna/hitam rusak.
    Solusi: cek cartridge di printer bertipe sama yang lain, kemudian ganti cartridge warna/hitam yang rusak.
    NB: Kerusakan cartridge bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain : chip IC rusak, kotornya konektor, korslet karena tinta, dll.
  • 7x orange 1x hijau
    Artinya: Cartridge Warna rusak.
    Solusi: Ganti cartridge warna.
  • 8x orange 1x hijau:
    Artinya: ink tank full.
    Solusi:Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter.
  • 14x/15x orange 1x hijau
    Artinya: Cartridge hitam rusak.
    Solusi: ganti Cartridge hitam, selesai.
informasi in by: http://guntingbatukertas.com

Nah Kalo udah tahu begini, ngapain kita jauh-jauh ke service komputer kalo kita udah tahu kerusakannya...
sob, mending perbaiki sendiri hemat ongkos tau!!! kalo yang chip rusak atau terjadi kesalahan pada motor/mesin si printer, ane angkat tangan deh sob... *ane sendiri belum coba*

sekarang lanjut ke permasalah...
setelah tahu blink-blink printer, kita lanjut ke 3 x kedip oren dan 1 x kedip hijau.. menandakan ada kerusakan di mekanik printer, tapi terkadang bisa juga tuh, kertas, uang koin *kok bisa? bisa dong, jaman sekarang uang koinkan cuma di hambur-hamburin doang* Lanjut...

one, satu, siji, bahasa lainnya cari sendiri....
bongkar cassing printer, * nah ini rada susah, susah kenapa? sekrupnya sedikit banget, *siapa sih pencipta printer, kok semua printer rata-rata sekrupnya nggak banyak*

caranya::: dengan membongkar 2 sekrup didepan 4 kait kanan kiri dan 3 kait belakang... *buat catetan nih, canon ip 1700, yang 1980 kayaknya sama aja, tapi ane nggak tahu yang ALL in One... kalo itu sobat cari sendiri yo*



Nah sob Jadinya begini neh... setelah begini readykan ngikutin yang selanjutnya..."siap dong pastinya"


two, dua, loro, sisanya seperti biasa

Cek dan bersihkan daerah penarik kertasnya dan roll penggulung kertasnya. Biasanya banyak kotoran (potongan kertas, kerikil, bahkan kadang koin logam)yang nyangkut.

*yang ini ngk ada gambar yo, bisa bersihin sendiri dong pastinya, *ane aja bisa, masa sobat kaga bisa*

three,tiga, telu, kaya biasa


Pada kasus  ane kali ini, ada potongan kertas yg nyangkut antara roll penggulung kertas dan roll karet penarik kertas yg sering patah.
Kertas ini nggak mau lewat karena tersangkut di roll penggulung kertas, sehingga menyebabkan pengait sensor kertas tidak bekerja dan akibatnya printer blink 3x orange 1x hijau.



*nah ngerti kan... kalo kagak baca dari awal*




kaga nampak nih ane kasih yang lebih besar...
four, empat, papat, lanjot
potongan, sobekan, terserah sobat ngomong apa, bebas, blog ane domokrasi kok bebas berkata apapu...
yang tadi ntu langsung deh di ambil pake pinset bole, pake tangan juga bole bebas... abis ntu selese
 
five, lima, *bahasa jawanya nggak tau*, teruskan pake bahasa daerah masing-masing
ups, jangan salah printer belum bisa di pake, soalnya sebagian printer kaga mau ngprint kalo belum di tutup kaya punya ane yang 1980... nah sekarang pasang balik deh tu casing.... ingat-ingat nyopotnya gimana begitu pun lah pasangnya...
udah selesai pasangnya.... *oke lanjut ke power dan kabel datanya* langsung coba insyaallah, ane nggak bisa janji bisa ngeprint atau tidak, tapi ane punya allhamdullilah bisa...*
 
 
to pembaca setia Ink, Pen, And, Paper... gabung juga di group ene  ya... beri informasi apapun yang kalian ketahui oke join now @ tinta pena dan kertas 

sekali mendayung 2 tiga pulau terlampaui, ane sekalian mau promote twitter bolehkan "bolah", follow ane di @himey1725 okke
 
oh iya ane lupa selamat ibadah puasa ya,... ane minta maaf kalo ada silap kata, penghinaan atau apapun dalam blog ane ini.. maklum ane baru belajar soalnya...

1 komentar: